Kesukarelaan dan Kehidupan Berkelanjutan: Kutipan Laporan Kesukarelaan dari Berbagai Negara di Dunia 2011


Pada Sabtu pertama di bulan Juli, kita memperingati Hari Internasional Koperasi untuk menampilkan peran koperasi dalam pembangunan sosial yang berkelanjutan di seluruh dunia. Tahun ini, fokus dari Hari Internasional kontribusi koperasi dalam membangun ketahanan masyarakat pada saat krisis ekonomi, sosial dan lingkungan.

Ketika banyak lembaga keuangan pailit, koperasi (jasa) keuangan telah menunjukkan kekuatan mereka, diuntungkan anggota mereka, karyawan dan pelanggan. Pada saat banyak masyarakat di seluruh dunia sedang menghadapi krisis pangan, koperasi pertanian telah menunjukkan pentingnya mereka untuk mencapai ketahanan pangan, meningkatkan produktivitas petani dengan memfasilitasi akses ke pasar, kredit, asuransi dan teknologi.

Koperasi juga menunjukkan relevansi mereka setelah bencana, seperti gempa bumi, tsunami dan banjir, ketika mereka telah menunjukkan kemampuan mereka untuk memobilisasi solidaritas untuk situasi rekonstruksi. Selain itu, koperasi diakui oleh Rio +20 karena peran mereka dalam pembangunan berkelanjutan dalam konteks krisis lingkungan.
Sementaraitu,  koperasi bisa ada di semua strata sosial, nilai-nilai intinya dapat membuat koperasi ideal untuk menyediakan barang dan jasa kepada orang miskin, tersisih, dan terpinggirkan sektor masyarakat. Singkatnya, mereka adalah sumber utama untuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan mereka sendiri dan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, koperasi membantu individu, keluarga dan masyarakat membangun ketahanan, terutama di saat krisis.

Untuk memperingati Hari Internasional Koperasi, United Nations Volunteers (UNV) Program Amerika meluncurkan Laporan Ringkas  Kesukarelaan Dunia (SWVR) 2011, yakni tentang  Kesukarelaan dan Penghidupan Berkelanjutan. Laporan ini , sesuai dengan pandangan banyak ahli pembangunan, mendefinisikan penghidupan berkelanjutan dapat mengatasi dan memulihkan diri dari tekanan dan guncangan dan memelihara atau meningkatkan kemampuan dan aset, baik sekarang dan di masa depan, tanpa merusak sumber daya alam dasar.
Intisari SWVR ini berfokus pada peran aksi relawan dalam mempromosikan penghidupan yang berkelanjutan.
Koperasi memungkinkan anggota masyarakat, khususnya masyarakat miskin berpenghasilan rendah, untuk mendapatkan akses ke berbagai aset modal dalam masyarakat  sebagai relawan. Koperasi menyediakan sumber daya sosial, berdasarkan kepercayaan, saling pengertian dan nilai-nilai bersama.

Koperasi juga dapat memberikan kesadaran dan partisipasi dalam proses politik. Asosiasi berbasis relawan dapat memberikan keterampilan kepada warga sipil, seperti mengatur tindakan dan advokasi untuk isu-isu kolektif.

Sumber (tulisan asli) : volunteerism and sustainable livelihoods

This entry was posted in ,,,,,,. Bookmark the permalink.

Leave a Reply